Jeli gamat Gempur si Manis

Mengatasi Kencing Manis dangan Jeli Gamat

Kegemaran mengasup duku dan rambutan mendatangkan malapetaka tersendiri bagi Syarwani. Penyakit gula atau kencing manis yang dideritanya sejak 20 tahun lalu itu kembali kambuh. Kali ini tak hanya lemas, gangreen di jari kaki kanan terus mengeluarkan darah. Dokter pun memvonis harus diamputasi sebelum menyebar.

mengatasi kencing manisKisah sedih itu bermula saat pria yang bekerja di kejaksaan tinggi jakarta selatan itu mendapat kiriman buah duku dan rambutan dari daerah asalnya Palembang, Sumatera Selatan masing-masing satu karung . Ia tidak mengetahui adanya gen penyakit gula dalam tubuh yang diturunkan ayahnya. Buah-buahan itu pun dilahap habis. Alangkah terkejutnya Syawani pada keesokkan harinya. “Tubuh saya lemas tak bertenaga dan kerap ngantuk, “Tuturnya. Saat diperiksa, kadar gula darahnya mencapai 300mg/dl . Jauh lebih tinggi dari angka normal , 100-140 mg/dl. jari kaki kanannya pun tiba-tiba mengeluarkan darah terus-menerus. Luka itu kian melebar, hingga 20 tahun kemudian terlihat menganga dan mengeluarkan bau tak sedap.

kencing manis akibatkan gangreen

Walau mencoba berbagai obat-obatan, dewi kesembuhan tak kunjung menghampiri. Syarwani pun akhirnya menerima anjuran kerabat yang menyarankan konsumsi teripang dalam bentuk jeli untuk mempercepat lesembuhan. Gamat – sebutan teripang di Malaysia- diasup dengan dosis 3 x 2 sendok makan sehari. Dua bulan kemudian gula darah mulai turun mendekati normal, 160 mg/dl. Luka dikaki yang selalu basah pun mengering sehingga tak perlu diamputasi.

Menurut Dr Ahkam Subroto, MappSc, periset Bioteknologi LIPI, tingginya kandungan protein teripang menyebabkan regenerasi sel beta pankreas kondisi pancreas kencing manisberlangsung cepat. Sel beta pankreas memproduksi insulin penyerap kadar gula darah. Nutrisi lainnya kromium. Zat ini berguna untuk membantu kinerja insulin melalui penyerapan glukosa masuk jaringan darah lebih cepat. Ini menyebabkan konsumsi teripang mencegah serta memulihkan penyakit diabetes.

Beberapa dokter yang kerap memberikan gamat untuk konsumsi oral bagi penderita diabetes atau kencing manis, juga mengoleskannya agar luka gangren pada penderita diabetes menutup. Sebab, kandungan kolagen teripang yang tinggi mempercepat regenerasi jaringan sel mati pada luka sehingga terbentuk kulit baru. Sumber: Majalah Kliping Trubus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s