Kenali Berbagai Jenis Makanan dengan Kolesterol Tinggi

Banyak orang yang merasa takut bila di diagnosis menderita kolesterol tinggi. Kolesterol itu sendiri sebenarnya merupakan suat zat yang dibutuhkan dalam tubuh, namun saat kadarnya terlalu berlebihan maka bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung dan juga stroke.

makanan tinggi kolesterol

Penyebab dari kolesterol tinggi itu sendiri sebenarnya sangatlah beragam namun pola makan yang tidak sehat sering menjadi faktor penyebab utama. Oleh karena itu, ada baiknya setiap orang mengenali berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan belajar untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Jenis makanan dengan kadar kolesterol tinggi sendiri pada umumnya merupakan makanan dengan kadar lemak trans yang berasal dari hewan dan diolah dengan cara digoreng.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang diketahui mengandung kadar kolesterol yang sangat tinggi, yaitu:

1. Keju (140 mg/100 g)
2. Santan (185 mg/100 g)
3. Udang (195 mg/100 g)
4. Jeroan sapi (380 mg/100 g)
5. Kerang (450 mg/100 g)
6. Cumi-cumi (1170 mg/100 g)
7. Kuning telur ayam (2000 mg/ 100 g)
8. Otak sapi (2300 mg/100 g)
9. Telur puyuh (3640 mg/100 g)

Jenis makanan diatas memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi sehingga dianjurkan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan atau boleh dikonsumsi dalam jumlah kecil sesekali saja. Buat mereka yang sudah mengidap kolesterol tinggi, maka sebaiknya menghindari atau sangat meminimalisasi konsumsi makanan diatas.

Jenis Makanan Yang Disarankan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Khusus untuk pengolahan makanan itu sendiri, jauh lebih dianjurkan untuk dimasak dengan cara dikukus atau direbus untuk menghindari konsumsi kandungan lemak jenuh dalam jumlah berlebihan. Khusus untuk daging ayam, maka sebaiknya kulit ayam tidak ikut dikonsumsi karena mengandung banyak sekali lemak.

Jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi karena kadar kolesterolnya yang cukup rendah bisa berupa berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, berbagai jenis makanan dengan kadar serat tinggi, putih telur ayam, susu sapi rendah lemak, ikan air tawar, daging tanpa kulit dan juga ikan ekor kuning. Jenis makanan ini bisa dikonsumsi setiap hari dan aman juga dikonsumsi oleh mereka yang sudah mengidap kolesterol tinggi.

Selain menjaga pola makan, penderita kolesterol tinggi juga perlu melakukan olahraga secara teratur. Untuk mengatasi menurunkan kadar kolesterol tinggi ke kadar yang normal, bisa dibantu dengan mengkonsumsi produk Gamat Luxor.  Ekstrak dari Gamat atau teripang emas laut tidak mengandung kolesterol dan baik diskonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dan juga membantu pengeluaran LDL atau kolesterol jahat melalui saluran empedu dan mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah. Produk Jeli Gamat Luxor bukan hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan semua orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s