Natural Treatment

Natural treatment mempunyai characteristic membangun jaringan / sel yang rusak, berbeda dengan pendekatan medis yang berfokus pada “menekan symptoms”.

Situs web ini dirancang untuk memberikan informasi yang bersifat mendidik agar kita semua SADAR KESEHATAN disertai pembahasan yang mencakup sprulinaHEALTH WORKSHOP berisi informasi terkini berkenaan pola diet maupun Jeli-gamat-350mlterapi alami menangani penyakit degeneratif memautkan yang telah berhasil menyelamatkan banyak orang .

Khususnya dalam hal perawatan kesehatan dengan supplement food ataupun makanan obat situs ini berfokus pada GAMAT dan SPIRULINA yang akhir akhir ini banyak dibicarakan orang karena testimoni nya yang menggugah hati maupun khasiatnya yang dirasakan banyak orang dari waktu ke waktu.

Food Combining

Food combining adalah cara mengatur pola makan yang benar, sesuai dengan bagaimana tubuh bekerja.

Banyak buah dan sayur-sayuran mentah, protein nabati seperti: kacang-kacangan, tahu, tempe dan buah (sebaiknya lokal) yang kandungan airnya tinggi misalnya: apel, mangga, jeruk, semangka, melon, pir, nanas dll. sementara untuk sayuran dianjurkan yang ber antioxidant tinggi yang sebisa mungkin dimakan mentah seperti seledri Taiwan, succini, pare dan paprika

Food combining bukan cuma makan buah dan sayur. Tetapi daging hewan dapat kita konsumsi dengan catatan sebisa mungkin hindari daging binatang berkaki empat, namun yang porsi mayoritas yang harus lebih banyak dikonsumsi adalah sayur mentah dan buah segar.

Cara makan umum mencampurkan protein hewan dengan sayur masak dan buah sebagai pencuci mulut adalah pola yang paling dihindari oleh praktisi food combining karena akan menimbulkan proses fermentasi yang dapat memproduksi toxic

Pada pagi hari tubuh kita lebih intens untuk pembuangan, sehingga untuk menu sarapan pagi idealnya adalah buah buahan segar, sementara makan berat dilakukan mulai siang hari, dari pukul 12.00 sampai 20.00, karena pada saat itu, perangkat-perangkat tubuh siap mencerna makanan padat.

Makan paling telat jam delapan malam. sebenarnya makan malam yang ideal adalah jam enam sore (seperti orang kuno). Jam delapan malam sudah selesai, jam sembilan sudah bisa tidur, sehingga subuh bisa bangun, segar

Food combining bukanlah diet mengurangi jumlah makanan seperti yang dilakukan banyak orang untuk mengurangi berat badan, jumlah makanan harus tetap banyak, namun apa yang dimakan, itulah yang harus diperhatikan

Apabila perut kita senantiasa dikenyangkan oleh buah-buahan dan sayur mentah, niscaya kita akan dijauhkan dari masalah kesehatan, sementara daging hewan dan nasi hanya sebagai pelengkap saja, namun tidak dikonsumsi dalam waktu hampir bersamaan dengan konsumsi buah, karena protein daging dapat mem fermentasi fructosa buah menjadi toxic

Untuk karbohidrat dianjurkan biji-bijian dalam formasi “whole food” (makanan seutuhnya) seperti gandum, kacang hijau, havermoot dan kedelai. Jenis kacang ber purin tinggi seperti kacang tanah, dan kacang mente dihindari HANYA kalau anda telah mengidap asam urat

Nasi putih adalah karbohidrat jenis refined carbohydrate karena diproses dengan mesin selep, tidak baik untuk kesehatan.

Apabila kita memutuskan untuk masih mengkonsumsi daging, amat disarankan agar tak makan di tengah malam (kecuali untuk kepentingan puasa). Makan tengah malam akan mengganggu proses penyerapan dan asimilasinya, sehingga dalam jangka panjang akan mengganggu kesehatan dan pada akhirnya penyakit maut dapat menyerang kita

Ref: Andang Gunawan

Juice Therapy – Detoxifikasi

Juice Threapy – Detoxifikasi adalah tindakan melakukan pola makan dengan buah mentah sepenuhnya (whole day), yang biasanya dengan cara di blender atau dimakan dengan cara dikunyah.

Banyak orang lebih memilih blender karena lebih nyaman mengkonsumsinya, tanpa harus payah payah mengunyah.

Detoksifikasi atau detoks yang menurut ahli terapi nutrisi Andang Gunawan adalah tindakan membuang timbunan kelebihan sampah dan racun yang telah terkumpul dalam tubuh. “Sebenarnya setiap hari tubuh kita melakukan detoks. Hal ini bisa kita lihat setiap hari ada pembuangan. Entah buang air besar, air kecil atau keringat. Jadi seharusnya ini sudah berjalan dengan sendirinya. Nah, jika apa yang kita makan dan yang kita keluarkan itu seimbang, racun tak sempat menumpuk. Badan kita pasti sehat, bugar, dan langsing. Metabolisme tubuh juga baik dan kita juga enggak gampang stres,” urai pengarang buku best seller, Food Combining, Kombinasi Makanan Serasi ini.

Masalahnya yang sering terjadi, meskipun buang air lancar setiap pagi, ternyata tubuh tetap loyo dan sakit-sakitan. Bisa jadi, kata Andang, karena sistem pembuangan kita tidak efektif atau optimal sehingga ampas/sampah makanan masih ada yang tertinggal di tubuh kita. “Kita selama ini berpikiran kalau berat badan naik itu berarti lemak, padahal itu bisa sampah yang tertinggal,” kata Andang yang belajar mengenai food combining di Queensland Institute of Natural Science di Australia.

Sampah yang tertinggal itu sebagian besar disimpan di usus besar karena usus besar bisa membesar sampai lima kali ukuran normalnya. “Sisa makanan yang tak bisa keluar dipadatkan di dinding usus, akhirnya menumpuk terus menjadi kerak. Nah, itu, kan, tempatnya penyakit. Akan terjadi pembentukan racun.”

Selanjutnya, racun yang tersimpan di usus ­karena dinding usus terdiri atas pori-pori yang menyerap semua yang ada termasuk toksin akhirnya menyebabkan toksin-toksin ini masuk ke pembuluh darah yang lalu beredar ke mana-mana. Kalau sudah begitu, ya, pastilah akan mengganggu kerja sel-sel dan jaringan-jaringan yang lain.

Dengan demikian, tak ada salahnya bila kita melakukan detoksifikasi secara rutin. Apalagi di zaman modern ini kita banyak mengonsumsi jenis makanan yang tak bisa diterima oleh tubuh, semisal makanan yang diawetkan, makanan dengan pewarna, daging dan ayam yang disuntik, makanan yang terpolusi pestisida, dan sebagainya. Jelas bahwa kadar sampah yang harus dihadapi tubuh pun makin meningkat. Jadi detoks secara khusus sangat dianjurkan.

NILAI PLUS DETOKS

Tujuan utama kita melakukan detoks adalah agar badan sehat karena metabolisme terjaga dengan baik. Namun menurut Andang, detoks yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat lain, yaitu:

  • Kulit jadi lebih bercahaya, sehat dan mulus.
  • Berat badan terjaga
  • Meningkatkan vitalitas
  • Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh
  • Menghilangkan selulit
  • Karena tubuh menjadi lebih bugar, pada akhirnya mengurangi insomnia, stres atau depresi

SIAPA YANG BOLEH MELAKUKAN DETOKS?

“Siapa pun yang merasa pola makannya kurang terjaga boleh melakukan detoks,” kata Andang. Namun secara umum detoks tak dianjurkan bagi mereka yang:

  • Sedang hamil atau menyusui
  • Menderita penyakit berat dan serius semisal kanker pada stadium lanjut
  • Sedang menjalani perawatan medis untuk suatu penyakit atau baru pulih dari kondisi penyakit serius
  • Balita.

DETOKS PRAKTIS TIGA HARI

Bagi yang ingin memulai program detoks, Andang memberikan program detoksifikasi ringan. “Detoks ini dapat dilakukan oleh orang awam karena hanya berlangsung tiga hari,” katanya.

Selama detoks, kita hanya makan buah yang sebaiknya di blender dan minum air putih. Mengapa buah yang dipilih? Karena buah paling nyaman dan masih ada rasa manisnya. Buah juga merupakan antioksidan tinggi yang berguna membuang racun selain memberikan zat gizi pula. “Jadi, selama detoks kita tak perlu khawatir kehilangan zat gizi.”

Jus buah ini diminum setiap dua jam sekali diselingi minum air putih. Buah-buahan yang dianjurkan untuk detoks adalah pepaya, nanas, apel, semangka dan wortel”Sebaiknya terapkan monodiet. Artinya kalau di hari pertama minum jus pepaya, maka seharian itu buahnya pepaya saja. Kalau hari kedua apel, ya, apel terus selama hari kedua. Begitu pun di hari ketiga.”

Detoks praktis ini bisa dilakukan sebulan sekali. Bila sudah terbiasa, bisa diteruskan lima hari sampai tujuh hari. Anda harus banyak minum untuk memperlancar proses pembuangan dan menghindari dehidrasi.

Selama proses detoksifikasi berlangsung, umumnya kita akan merasa agak lemas atau kepala sedikit pusing karena sebagian besar energi dipusatkan pada fungsi pembuangan. Oleh karena itu hindari aktivitas yang mengurangi energi berlebihan. Lakukan olahraga ringan di tengah udara terbuka dan bersih untuk memperlancar peredaran darah dan getah bening, semisal jalan kaki, senam peregangan/stretching, yoga, atau tai-chi.

“Cari waktu yang tepat untuk melakukan detoks. Sebaiknya dilakukan pada akhir minggu atau hari libur agar pikiran dan tubuh Anda bisa lebih santai,” anjur Andang.

Ref: Nakita

Water Therapy

  • Minum 2 gelas Air Pagi Hari bangun Tidur
  • Minum 2 gelas Air 30 menit sebelum dan 2 jam setelah makan
  • Jangan minum Air selagi makan atau segera setelah makan
  • Minum 1-2 gelas Air 2 jam sebelum tidur malam
  • Jangan mengganti Air Sehat dengan Minuman Proses

Air dan Kehidupan

– 70% tubuh kita = Air
– Berat badan 40 Kg => 28L Air
– 85% sel otak = Air
– 94% Cairan darah / getah bening = Air
– 75% Cairan dalam sel = Air

Peran Air

– Metabolisme
– Perantara reaksi-reaksi Bio Kimia
– Menjalankan fungsi Biomolekul
– Hydroelectric
– Generator Energy dalam Sel (ion+ => ion-)
– Mencipta tenaga pompa
– Pembangkit tenaga listrik

Peran dalam merawat Kesehatan

Kebanyakan dari kita tidak mengkonsumsi Air sebagaimana mestinya.
Tubuh menjalankan fungsinya dalam kondisi dehidrasi tingkat rendah (Low Level Dehydration) => muncul berbagai penyakit.
DR. Julian Whitaker, MD
(Water and Hydrotherapy Specialist)

Sesungguhnya Air memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
Kebanyakan penyakit Degeneratif berhubungan dengan Low Level Dehidration.
Dari hari ke hari saya telah melihat pasien-pasien saya disembuhkan dari penyakit mematikan dengan menggunakan keajaiban Air
Miracles of Water.
Dr. F. Batmanghelidj, M.D
(Water and Hydrotherapy Specialist)

Hubungan Air dan Gangguan Kesehatan

Air adalah sarana mutlak untuk mengangkut elemen vital, oxigen, hormon maupun bahan-bahan kimia ke seluruh sel dalam tubuh.
Air digunakan untuk mengangkut limbah dari seluruh sel dan membuangnya keluar melalui sistem pembuangan (Elimination / Detoxification System).
Tanpa cukup Air sistem histamine menjadi aktif => menimbulkan berbagai macam keluhan berlanjut ke Penyakit.
Para praktisi Medis dididik mengobati penyakit dengan obat medis, dan mereka tidak mengerti perihal hubungan antara masalah kesehatan dan Low Level Dehydration.
Medical Report: A New Medical Discovery
By Dr. F. Batmanghelidj, M.D.

Tanda – tanda “Low Level Dehydration”
(Healthfree.com)

Stadium1
– Over Sensitive
– Cepat lelah walau tidak bekerja berat
– Muka memerah tanpa sebab yang jelas

Stadium2- Signal Warning
– Heartburn (Muntah Asam)
– Dyspepsia (Masalah Pencernaan)
– Rheumatic / Sakit Persendian
– Neri Tulang Belakang
– Migraine / Sakit Kepala
– Sakit di kaki pada saat jalan
– Fibromyalgia – Nyeri / Kejang Otot
– Colitis dan keluhan pada bagian Usus
– Sakit saluran pernapasan

Ciri khas kekurangan Air pada Jantung / Paru-paru
– Keluhan pagi hari pada saat hamil.

Stadium3 – Gangguan “Body Water Management Programme
– Asthma dan Allergies.
– Hypertension.
– Old-age Diabetes.
– Gangguan pencernaan / Colitis
– Penyakit Autoimmune, termasuk Lupus and Cancer.”

Kesimpulan

“Tidak soal sasaran apa yang kita targetkan untuk meraih kesehatan optimal, tanpa mengkonsumsi Air yang memadai dengan kapasitas memadai pula, hasil nya tak akan Maximal”
www.shirleys-wellness-cafe.com/water.htm
Water Cure (Hydrotherapy)

Pertanyaan

  • Seberapakah memadai Quantitas Air yang Anda minum? (berala Liter / hari)
  • Bagaimanakah Habit meminum Air Anda (Timing meminum Air)
  • Apakah Qualitas Air yang Anda minum memadai?
  • Apakah Air yang Anda minum sekedar layak minum atau layak sehat?

Quantas and Pola Kebiasaan

Quantitas:
Minimum: 2L / hari

Pola Kebiasaan:
– Minum 2 gelas Air Pagi Hari bangun tidur
– Minum 2 gelas Air 30 menit sebelum /2 jam setelah makan
– Jangan minum banyak Air selagi atau segera setelah makan
– Minum 1-2 gelas Air 2 jam sebelum tidur malam
– Jangan mengganti Air Sehat dengan Minuman Proses

Qualitas – BIO ALKALINE – REVERSE OSMOSIS STANDARD
– Bebas Kontaminasi Microbiology
– Bebas Kontaminasi Racun Logam Berat
– Bebas Kontaminasi Racun bahan Kimia
– Bersifat Soft Alkaline
– Memberikan Energy

Relaksasi

Relaksasi adalah suatu kegiatan positif yang dapat memberikan rasa nyaman dan puas. Relaksasi adalah cara untuk ‘melupakan sejenak kecemasan-kecemasan kita’ atau ‘mengistirahatkan pikiran kita’ dengan cara menyalurkan kelebihan energi atau ketegangan (psikis) kita melalui suatu kegiatan yang menyenangkan.

Menjadikan relaksasi salah satu kegiatan harian yang rutin dan menjadi bagian dari gaya hidup (life style) akan dapat memberikan energi tambahan untuk terus berjalan di tengah hiruk pikuknya kehidupan modern. Yang diperlukan adalah sedikit waktu dan kesungguhan hati (commitment). Pilih cara atau metode relaksasi yang dirasa paling cocok dan jalani itu secara rutin dan teratur. Semakin sering kita melakukan relaksasi, akan semakin relax diri (psikis) kita. Semakin relax, semakin panjang juga usia kita.

Setengah jam sehari untuk diri sendiri adalah bukan pengorbanan (waktu) yang besar, terutama jika dibandingkan dengan manfaat yang akan kita peroleh melalui relaksasi.

Tips untuk melakukan relaksasi:

Silakan anda berbaring dilantai. Terlentanglah dan upayakan kepala sejajar dengan kaki anda, sehingga badan anda lurus. Balikan tangan anda, sehingga telapak tangan anda menghadap ke langit-langit, Dan biarkan jemari anda lemas, tanpa harus meluruskannya atau mengepalkannya. Jauhkan sedikit tangan anda dari badan anda.

Sambil melakukan itu, busungkan dada anda, biarkan lebih banyak udara mengisi dada dan paru-paru anda. Leher anda sedikit agak ditekuk, buatlah leher anda bagian belakang lebih panjang. Bayangkan seolah-olah, ada orang menjambak rambut anda di bagian depan.

Pejamkan mata anda jika anda merasa aman begitu, tapi bukalah mata anda jika anda merasa perlu melihat apa yang ada di sekeliling anda.

Rasakan, seberapa banyak bagian punggung anda menyentuh lantai. Menggeliat dan dan rasakanlah agar lebih banyak bagian belakang anda yang menyentuh lantai. Rasakan berat badan anda menyentuh lantai.

Otot-otot anda mengendur, lemas dan luruh di atas lantai. Lantai yang padat akan menyangga badan anda, dan akan mengisi badan anda yang terkapar dan luruh di atasnya. Tidak mungkin anda akan jatuh atau terdorong. Anda aman, sangat aman.

Bayangkan badan anda seolah tanpa tulang. Dan bayangkan kini seolah badan anda terbuat dari lilin yang menghangat dan mencair, meleleh di atas lantai.

Bernapaslah teratur, jangan mencoba mengubah napas anda.

Sekarang, pindahkan perhatian anda untuk mendengarkan bunyi dan suara. Dengarkan dengan seksama bunyi badan anda sendiri.
Sadarilah suara-suara lain yang ada di ruangan ini. Suara orang lain, bunyi tumit bergeser atau menggedebuk, juga suara saya.
Kemudian, dengarkanlah bunyi dan suara-suara yang berasal dari luar ruangan ini.
Jangan menolak, atau berusaha mengindari bunyi-bunyi tersebut.
Belajarlah untuk dapat menerima jumlah tertentu kegaduhan yang terjadi di luarsana, yang memang tidak bisa dihindari.
Relaksasi pada dasarnya adalah penerimaan mengenai sesuatu yang memang tidak bisa diubah, dan mengubah sesuatu yang tidak bisa diterima.

Kini, fokuskan kembali perhatian anda pada napas anda.
Rasakan dan sadari. Perlahan napas anda masuk dan perlahan pula napas anda keluar.
Setiap anda menarik napas, pikirkan bahwa pembaharuan terjadi, kekuatan anda bertambah, vitalitas anda bertambah.
Setiap anda mengeluarkan napas, biarkan racun-racun, kecemasan, dan semua hal yang tidak anda inginkan, keluar bersama napas anda. Mendesahlah jika anda ingin melakukannya.

Perhatiakan kembali berat badan anda di atas lantai.
Rasakan seberapa banyak bagian tubuh belakang anda menyentuh lantai.
Bawa dan rapatkan kedua kaki anda. Tegakkan kedua telapak dan jemari kaki anda sampai anda merasakan ketegangannya. Doronglah dengan kedua tumit anda. Rasakan ketegangan pada kedua belah telapak kaki anda, hanya di telapak kaki anda.
Tahan …. dan sekarang lepaskan. Biarkan kedua telapak kaki anda jatuh lagi ke depan, lemaskan.

Tegangkanlah otot kaki anda disekitar betis anda, lutut dan paha anda. Rasakan keteganganya ……kemudian lemaskan.
Biarkan kedua kaki anda terkulai di lantai dengan santai, sehingga anda dapat merasakan beratnya.

Kini, tegangkan pantat anda. Sedotlah kedalam perut anda. Rasakan ketegangannnya….kemudian lepaskan. Rasakan bagaimana otot-otot anda melembut dan luruh dan menebar lagi di atas lantai.

Coba angkat pinggang anda. Coba goyangkan dari satu sisi ke sisi lain. Perlahan anda coba gerakkan …… ya ….. kemudian anda rendahkan. Jangan coba mendorongnya ….. biarkan dia jatuh dengan sendirinya ke atas lantai.

Sekarang, pikirkan tentang bahu anda.
Dorong kedua bahu anda kebelakang.
Rasakan dada anda terangkat ke atas pada saat melakukan itu.
Lepaskan…… Gerakan bahu anda agak menjauh dari telinga anda.
Santai ….


Kini, kepalkan kedua tangan anda, buatlah tinju dengan keduanya.
Eratkan kepalan tangan anda bawalah agak menjauh dari badan anda sambil anda coba menghentakkannya sampai merasakan sebuah guncangan di badan anda.
Kemudian simpan kedua tinju anda di lantai dengan santai, pungung tangan berada di lantai.
Biarkan jemari anda lemas dan biarkan tinju anda terbuka dengan sendirinya.
Biarkan lemas dan rasakan bagaimana ketegangan itu lepas dari kedua tangan anda.

Sekarang regangkan kelima jemari di kedua tangan anda, selebar mungkin yang anda bisa. Lakukan itu seperti anda sedang memainkan piano dari satu oktav ke oktav yang lainnya.
Bayangkan jemari-jemari anda seolah terpisah antara satu dengan yang lainnya.
Rasakan ketegangan pada kulit-kulit yang berada di antara jemari-jemari tangan anda.
Secara perlahan, lemaskan kembali jemari anda.
Anda akan merasakan denyutan yang sangat nikmat serta kehangatan perlahan menjalar di tangan anda.

Sekali lagi tekuklah perlahan leher anda. Luruskan dan goyangkan badan anda, biarkan kedua kaki anda jatuh lunglai ke depan.

Kerutkan wajah anda. Berikan tekanan dan rasakan ketegangannya pada otot di sekitar mata anda …… , dahi …… , pipi ……. , leher ….. dan telinga. Perlahan-lahan, lemaskanlah kembali wajah anda.
Bayangkan jemari halus yang dingin memijat wajah anda dengan lembut, melembutkan dan melemaskan otot-otot di sekitar wajah anda, pipi dan dahi anda.

Sekarang perhatikan setiap bagian tubuh anda. Jika masih ada bagian-bagian yang masih membutuhkan perhatian anda, tetaplah berbaring dan perhatikanlah bagian itu dengan menegangkan dan melemaskannya kembali. Atau tetaplah berbaring dan menikmati perasaan santai yang telah anda miliki, sehingga anda benar-benar merasa rileks secara total.

Senam Tai Chi

SENAM Tai Chi merupakan gerakan yang memadukan latihan pernapasan dan meditasi yang diambil dari seni perang kuno di Cina. Tai Chi pada dasarnya memanfaatkan kekuatan Ying (yang berasal dari bumi) dan Yang (yang berasal dari langit) yang dipadukan lewat latihan-latihan fisik membentuk satu formasi gerakan yang memberikan keseimbangan dan keharmonisan. Untuk memulai senam Tai Chi, bisa diawali dengan gerakan meditasi untuk menenangkan pikiran, kemudian lakukan pemanasan dengan gerakan ringan untuk melancarkan sirkulasi darah. Pusatkan konsentrasi penuh ke daerah perut tepat di bawah pusar, yang merupakan pusat dari gaya berat. Setelah itu, lakukan formasi gerakan-gerakan Tai Chi sesuai bimbingan guru. Lakukan setiap gerakan dengan pernapasan dalam. Bila Anda rajin melakukan senam Tai Chi, Anda bisa rasakan manfaatnya berikut ini:

Meningkatkan kelenturan dan kekuatan
Pernapasan menjadi lebih kuat. Saat bernapas, kita sering hanya menggunakan bagian paling atas dada dan mengeluarkannya dengan cara seperti terengah-engah, hanya untuk mendapatkan oksigen untuk bertahan hidup. Itu berarti selama ini badan kita sering kekurangan oksigen. Akibatnya fungsi organ-organ tubuh tidak bekerja optimal.
Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan semangat. Gerakan Tai Chi memberikan efek ketenangan yang dapat menurunkan stres. Keadaan ini membuat tubuh mendapat kesempatan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak hingga mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyakit.
Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.
Membangkitkan gairah bercinta. Kelenturan dan konsentrasi yang merupakan bagian dari Tai Chi membuat tubuh mengalami relaksasi sempurna. Kondisi ini mengaktifkan endomorfin alias hormon bercinta Anda sekaligus meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf perasa di seluruh tubuh Anda.

Low Impact

Senam Tai Chi adalah olah raga jenis low impact yang tidak ber efek samping negatif sama sekali, berfokus pada kelancaran sirkulasi cairan tubuh, olah raga yang amat dianjurkan untuk perawatan kesehatan alami

Panduan Senam Tai Chi

Panduan senam Tai Chi dapat Anda peroleh di toko buku Gramedia atau sejenisnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s